NADA FM SUMENEP

Radio Expresi Penuh Sensasi

Berita

Tim Monitoring Lakukan Monev ke Penerima DBHCHT

Nadafm.net, Sumenep- Pada hari pertama, Rabu, 4 Desember 2019, melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2019.

Tim monitoring dilakukan di 5 titik penerima bantuan, yakni bantuan pakan dan bibit udang di Kelompok Al Barokah, Desa Lapataman, Kecamatan Dungkek. Kemudian bantuan serat nanas di kelompok tani Pajhar Laggu, Desa Kolpo, Kecamatan Batang-batang, dan Puskesmas Batang-batang untuk bantuan satu unit Ambulance.

Monitoring selanjutnya ke rumah produksi berupa pembinaan dan pelatihan tenaga kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat, Kecamatan Gapura.

Monitoring ini dilakukan oleh Bagian Perekonomian Setretariat Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, bersama  10 (sepuluh) OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Sumenep, Achmad Laili Maulidy, mengatakan, Monev DBHCHT dilaksanakan oleh tim  terdiri dari bagian perekonomian bersama perwakilan dari 10 OPD pengguna anggaran selama lima hari kerja, mulai Rabu ini, 4 Desember 2019.

“Kami Tim Monev ini turun langsung ke penerima DBHCHT tahun 2019, yang tersebar di sejumlah kecamatan ,” papar Laili, Rabu, 4 Desember 2019.

Sedangkan, kegiatan Monev ini bertujuan untuk melihat langsung sejauh mana pelaksanaan masing-masing OPD pengguna dalam merealisasikan DBHCHT 2019 kepada penerima bantuan.

“Kita langsung turun langsung ke bawah kepada penerima bantuan DBHCHT,”paparnya.

Laili bilang, besaran bantuan DBHCHT di masing-masing satuan kerja atau OPD tidak sama dan sudah direalisasikan. Sementara itu, pada tahun 2019, bantuan DBHCHT di Kabupaten Sumenep senilai Rp 34 milyar lebih, yang direalisasikan oleh 10 OPD.

Ke  10 OPD pengguna DBHCHT, antara lain Dinas Kesehatan (Dinkes), RSUD dr. H. Moh Anwar, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskop dan UM), Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun), Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Perikanan, dan Dinas PU Bina Marga.(**)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *