NADA FM SUMENEP

Radio Expresi Penuh Sensasi

Berita Kesehatan Peristiwa

Tamima Melahirkan Di Atas Perahu Saat Cuaca Ekstrem

Nadafm.net, Sumenep- Saat hujan disertai petir dan cuaca laut sedang ekstrem, Bidan Gesi Variana Sari, dengan cekatan membantu seorang ibu hamil Tamima (34) yang hendak di rujuk ke wilayah daratan di Sumenep ke perahu yang terbuat dari kayu di Pulau Sepudi.

Alat perlengkapan persalinan semuanya dibawa, hal itu untuk mengantisipasi takut terjadi sesuatu di perjalanan dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Desa Gayam, Kecamatan Gayam, Pulau Sepudi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Pada Selasa (08/1/2020) dini hari ibu Tamima, warga Dusun Wak Duwak, Gayam, mengaku perutnya mules dan merasa akan melahirkan. Dia lalu dibawa oleh suaminya, ke Puskesmas setempat.

Sesampainya di Puskesmas, Tamima, mendapatkan perawatan dari Bidan Gesi Variana Sari. Pagi sekitar pukul 08.00 WIB, perutnya dirasa makin mules, bayinya juga tidak keluar dan karena tidak juga melahirkan, keluarga sepakat agar isterinya di rujuk ke wilayah daratan Sumenep.

Karena transportasi minim, berdasarkan kesepakatan dari keluarga.Tamima di rujuk menggunakan perahu angkutan barang. Lalu pada pukul 15.30 WIB, akhirnya melahirkan.

“Alhamdulillah, tak disangka lahir bayi jenis kelamin laki-laki, di sekitaran di perairan pulau Desa Poteran, Kecamatan Talango”kata Bidan Gesi.

Perjalanan dari Pulau Sepudi lanjut Bidan Gesi, tidaklah mudah. Dari Gayam warga menggunakan transportasi laut. Saat cuaca ekstrem seperti saat sekarang ini yakni hujan dan ombak besar yang juga disertai petir adalah nyawa taruhannya.

Sementara perjalanan dari Gayam Sepudi menuju Sumenep daratan, biasanya ditempuh sekitar 5 jam.

“Awalnya, mau ikut perahu yang dari Sokarami tapi perahuhya bocor, jadinya berangkat setelah dhuhur memakai perahu barang” paparnya.

Sedangkan kondisi ibu dan bayinya sehat dan kembali ke Gayam, Pulau Sepudi. (dus)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *