Redaksi 03/08/2018

NadaFM.Net- Setelah sempat menyerahkan berkas pencalonan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, sebagian Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) diganti calon lain.

Komisioner KPU Sumenep, Malik Mustofa mengatakan terdapat beberapa partai politik (Parpol) yang mengganti bacaleg. Pergantian itu diketahui setelah parpol menyerahkan berkas perbaikan bacaleg pada Sabtu kemari 31 Juli 2018.

Saat disinggung jumlah bacaleg yang diganti, Malik mengaku masih melakukan verifikasi. Sehingga jumlahnya belum diketahui secara pasti. Namun alasan partai mengganti bacaleg karena mengundurkan diri dan ada juga yang tidak mampu melengkapi kekurangan berkas saat proses perbaikan.

Sesuai tahapan Pemilu 2019, KPU menutup perbaikan berkas bacaleg pada 31 Juli 2018. Sesuai tahapan saat ini KPU sedang memverifikasi atau melakukan penelitian berkas perbaikan bacaleg. Verifikasi dimulai pada tanggal 1-7 Agustus 2018.

Selama proses penelitian berkas perbaikan, kata Malik Parpol tidak lagi bisa mengganti Bacaleg. Karena proses perbaikan sudah selesai dilakukan. Apabila terdapat beberapa berkas bacaleg yang tidak lengkap secara otomatis tidak bisa mengikuti pemilu 2019. Sesuai data di KPU, setelah masa pendaftaran ditutup terdapat 617 bacaleg. Mereka terdiri dari 361 laki-laki dan 256 perempuan dan  dari 16 partai politik. (dus)

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*