NADA FM SUMENEP

Radio Expresi Penuh Sensasi

Peristiwa

Perbaikan Jalan Kepulauan, Lantaran tak terhubung ke Jalan Nasional,

NadaFM.Net- Impian masyarakat kepulauan Sumenep, untuk memiliki infrastruktur yang layak sulit terealisasi. Karena, meskipun tahun ini mendapat suntikan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar 34,5 miliar, tidak bisa dialokasikan untuk perbaikan atau pembangunan infrastruktur di Kepulauan.

Plt Kepala Dinas PU Bina Marga Sumenep, Eri Susanto, mengatakan, jalan di kepulauan tidak nyambung atau connect dengan jalan nasional. Sesuai aturan, anggaran yang bersumber dari APBN harus direalisasikan pada jalan yang memiliki koneksi pada jalan nasional atau provinsi.

Akibatnya, semua pembangunan jalan di kepulauan harus menggunakan anggaran dari APBD. Tahun ini untuk kepulauan, porsi anggaran sudah besar dibandingkan daratan.

Pihaknya meyakini bahwa pembangunan di kepulauan tetap maksimal meski anggaran yang digunakan bukan dari APBN. Dengan kata lain tidak ada disparitas soal pembangunan jalan.

Sementara itu, beberapa waktu lalu, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim mengaku pembangunan kepulauan membutuhkan bantuan dari APBN. Karena APBD Sumenep tidak cukup apabila digunakan untuk pembangunan di kepulauan.

Sumenep terdiri dari 126 pulau. Dari 27 kecamatan, 9 diantaranya berada di wilayah kepulauan. Pulau terdekat dengan pusat pemerintahan, yakni Talango. (dus)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *