NADA FM SUMENEP

Radio Expresi Penuh Sensasi

Berita Ekonomi Sosial

Pelaksanaan Monev Penerima Bantuan DBHCHT 2018 Tuntas Dilakukan, Terakhir di PIWS

NadaFM.Com, Sumenep- Terhitung lima hari lamanya. Tim monitoring dan evaluasi (monev) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Sumenep, pada tahun 2018, tuntas melakukan kunjungan kepada penerima bantuan manfaat. Jum’at 14 Desember 2018.

Anggota Tim Monev DBHCHT, Suhermanto mengatakan, sejak tanggal 10-14 Desember 2018, tim monev sudah melakukan survey ke beberapa penerima bantuan DBHCHT.

“Alhamdulillah hasilnya, bantuan DBHCHT sudah dirasakan oleh masyarakat penerima. Semoga bantuan tersebut menghasilkan manfaat,”ungkapnya.

Kata Suhermanto, bantuan itu diperuntukkan untuk membantu dan meringankan beban masyarakat, seperti pertania, perbengkelan, dan wirausaha.

“Kami meminta kepada masyarakat penerima bantuan DBHCHT, termasuk kepada wirausaha muda Sumenep agar merawat bantuan tersebut, dan jangan sampai dijual. Tolong dirawat dan dijaga,”ucapnya penuh harap.

Dan lagi ia menghimbau agar masyarakat tidak mengkonsumsi rokok ilegal. Sebab dengan memaksa merokok ilegal sama halnya dengan tidak mendukung program dari pemerintah. Sebab dana bantuan yang diberikan adalah bersumber dari cukai.

Sementara itu, Direktur Pusat Inkubator Wirausaha STKIP PGRI Sumenep (PIWS), Khairul Asiah, menyatakan, bahwa bantuan melalui DBHCHT sangat membantu programnya dalam mencetak wirausaha muda Sumenep.

“Bantuan tersebut kami rasakan langsung dan saat ini banyak mencetak usahawan muda. Bantuan itu  di bagi menjadi beberapa produksi, diantaranya membatik, tata boga, menjahit, sablon, dan pencucian kendaraan bermotor,”tuturnya.

Untuk diketahui, tahun ini, DBHCHT Sumenep mencapai Rp38.275.106.871.Dana itu meliputi Silpa tahun 2017 senilai Rp5 milyar lebih dan anggaran tahun 2018 senilai Rp33 milyar. Puluhan milyar bantuan DBHCHT itu dibagi terhadap 8 (delapan) OPD (organisasi perangkat daerah).

Sementara 8 OPD pengguna DBHCHT, antara lain Bagian Perekonomian Sekretariat (Setda), Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan.Perkebunan (Dispertahorrbun) Dinas Kesehatan (Dinkes), RSUD dr. H. Moh Anwar, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskop danUM),’Dinas Ketahanan Pangan.Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur.(**)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *