nada fm 27/11/2018
Nadafm.net, Sumenep– Satu set Sarkak milik Samsul asal Desa Gerujugan dibakar nelayan Desa Longos, Kecamatana Gapura, Kabupaten Sumenep, Sumenep, Madura Jawa Timur. Sarkak itu dibakar karena penggunaannya dilarang dan merusak ekosistem laut.
“Ia sarkak itu dibakar karena selain merusak ekosistem laut juga melanggar zona,” kata H. Hasan, anggota pokmaswas kelautan Desa Longos. Selasa 27 November 2018.
Awalnya kata H. Hasan, warga Gerujugan mencari ikan rajungan dengan memakai alat sarkak diareal pesisir perairan Gapura Dungkek sedangkan sebagian nelayan mencari rajungan memakai alat.
“Nelayan tersebut sudah diperingatkan bahwa perairan yang di manfaatkan menggunakan sarkak itu bukan sonanya, mungkin juga nelayan yang menggunakan sistim manual merasa jengkel sehingga terjadilah pembakaran sarkak  di bibir pantai,” paparnya.
Untuk menghidari tindakan yg tidak diinginkan, akhirnya Ketua Pokmaswas kelautan Kecamatan Gapura melaporkan kepihak berwenang di Polsek Gapura, dan melakukan pengamanan di lokasi, dan bersyukur ketegangan bisa diredam.
Sementara itu, untuk mencari jalan anternatif lain bagi nelayan terang H. Hasan, solusinya adalah pihaknya meminta agar nelayan kembali ke alat tangkap manual karena alat tangkap tersebut ramah lingkungan. (Dus)

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*