NADA FM SUMENEP

Radio Expresi Penuh Sensasi

Berita

Daerah Kepulauan Sumenep Tahun ini Dinyatakan Bebas Dari Kekeringan

NadaFM.Net- Di musim kemarau tahun 2018, wilayah Kecamatan kepulauan di Sumenep, dinyatakan sudah bebas dari kekeringan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Abd. Rahman Riadi mengatakan, pada musim kemarau sebelumnya, di wilayah kepulauan masih ada daerah terdampak kekeringan, yaitu di Kecamatan Nonggunong dan Gayam di Pulau Sapudi.

Akan tetapi karena pada tahun 2017 sudah dilakukan pipanisasi dan pengeboran air bersih, sehingga daerah tersebut sekarang sudah tidak masuk rawan kekeringan.

Secara umum, cakupan daerah rawan kekeringan tahun ini juga sudah berkurang. Dari sebelumnya tersebar di 37 Desa, menjadi 27 Desa. Dari 27 Desa terdampak kekeringan, 10 Desa dikategorikan kering kritis, dan 17 Desa lainnya kering langka. Semuanya tersebar di 10 Kecamatan, di antaranya di Kecamatan Pasongsongan, Batuputih, dan Rubaru.

Menurutnya, sejauh ini BPBD Kabupaten Sumenep telah melakukan langkah-langkah dalam rangka menanggulangi bencana kekeringan, yaitu melakukan suplai air bersih. Khususnya, ke daerah-daerah kering kritis, seperti Prancak, Montorna, Lebbeng, Basoka, Batuputih Daya, dan Bulla’an. (dus)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *