NADA FM SUMENEP

Radio Expresi Penuh Sensasi

Berita

Bantuan DBHCT 2019 Majukan Poktan di Kecamatan Ganding

Nadafm.net, Sumenep- Hari Senin 9 Desember 2019, tim monitoring dan evaluasi (Monev) mendatangi salah satu kelompok tani (poktan) penerima Bantuan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2019, di Kabupaten Sumenep.

Hasilnya bantuan yang diberikan mampu meningkatkan ekonomi kelompok tani (poktan) tersebut dengan bagus.

Salah satunya adalah, penerima bantuan DBHCHT yakni Kelompok Tani Setia Kawan, di Desa Gadu Timur, Kecamatan Ganding. Bantuannya berupa serat nanas.

“Alhamdulillah, patut bersyukur mendapat bantuan serat nanas ini, bantuannya memberi manfaat bagi perekonomian para anggota, dan hasil seratnya kwalitasnya bagus,” ucap Ketua Kelompok Tani Setia Kawan, Mawardi.

Mawardi juga bilang, bahwa Hasil produksi dari serat nanas ini diantaranya bisa untuk dijadikan tali tembakau rajangan, tikar dan atap gazebo (rumah kayu).

“Pokoknya banyak kegunaan dari hasil produksi serat nanas ini. Bantuan ini tergolong manual, tapi kwalitas yang dihasilkan sangat bagus,” paparnya.

Tidak hanya itu, selain ke Poktan Setia Kawan, tim monev juga mengunjungi Puskesmas Ganding dan Guluk-guluk, untuk melihat langsung bantuan satu unit Ambulance dan mesin genset.

Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Sumenep, Achmad Laili Maulidy, mengatakan, pelaksanaan monev DBHCHT ini bertujuan untuk melihat dan memantau sejauh mana pelaksanaan masing-masing OPD pengguna dalam merealisasikan DBHCHT 2019 kepada penerima bantuan.

“Kami bersama 9 OPD pengguna anggaran DBHCHT 2019 turun langsung kepada masing-masing penerima. Mengecek langsung kondisi riil dibawah, hasilnya sesuai dengan yang diharapkan,” ucapnya.

Sementara itu, besaran bantun DBHCHT 2019 untuk Kabupaten Sumenep senilai Rp 45 miliar lebih, yang direalisasikan 9 OPD.

Ke sembilan (9 OPD ) pengguna DBHCHT, antara lain Dinas Kesehatan (Dinkes), RSUD dr. H. Moh Anwar, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskop dan UM), Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun), Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Perikanan, dan Dinas PU Bina Marga (**)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *